Senin, 06 Agustus 2012

cara membaca Al-Qur'an



assalamu'alaikum
  1. pertama-tama kita harus bisa membaca huruf hijaiyyah yang berjumlah 28 huruf. Sama seperti jika kita hendak belajar membaca bahasa indonesia. jika kita mengetahui dan bisa membaca 28 huruf hijaiyyah dengan benar, hal ini merupakan modal utama kita untuk bisa membaca alqur’an, karena isi alquran adalah bacaan yang didalamnya tersusun dari 28 huruf hijaiyyah.
  2. setelah faham dan mampu membaca huruf hijaiyyah dengan fasih, tahapan selanjutnya adalah mempelajari tanda baca, yaitu, fathah, kasrah, dan dhommah. Sama seperti belajar berbahasa indonesia, tiga tanda baca yang disebutkan tadi mirip halnya dengan huruf vokal yang ada di bahasa indonesia.
  3. menguasai atau paling tidak mengetahui mengenai isyarat baca di dalam alquran. didalam tata cara membaca alquran ada banyak isyarat tanda baca, seperti, Mad Arid Lissukun, Mad Wajib Muttasil, dll. Isyarat baca ini memang tidak sering muncul di dalam alquran, frekuensi kemunculannya sedikit, namun hal ini penting diperhatikan dan dipelajari karena jika tidak kita belum bisa dikatakan fasih membaca alquran kalau tidak memperhatikan isyarat baca ini.
  4. yang ke-4 adalah mengetahui dan menguasai teknik membaca alquran, seperti Idgham, Qalqolah, dll. Idgham adalah teknik membaca dengung, seperti halnya jika ada huruf hijaiyyah “nun” mati bertemu dengan “Mim”. Jika kita menemukan kalimat ini maka teknik membacanya harus dengung, dapat juga dikatakan Idgham Bighunnah.
  5. Tips terakhir adalah “praktek”. Seseorang tidak akan bisa membaca alquran dengan fasih jika tidak pernah mempraktekkannya. Bacalah Alquran secara rutin, sebelum waktu masuk subuh atau setelah maghrib adalah waktu yang bagus untuk membaca alquran. Perlu diingat, jika kita masih belum fasih dalam membaca alquran, ada baiknya jika ada yang membimbing anda selama kita membaca alquran, agar jika ada kesalahan baca pendamping anda bisa membetulkan dan kita bisa langsung memperbaiki kesalahannya.

1.1. Latar BelakangAnak adalah generasi masa depan yang merupakan tanggung jawabsetiap orang tua untuk mempersiapkan sebaik mungkin, agar kelak menjadimanusia yang tangguh dan siap dalam menghadapi setiap tantangan padajamannya. Menjadikan anak sebagai generasi yang membanggakan, tentumenjadi keinginan dan harapan setiap orang tua yang peduli. Impiantersebut dapat terwujud dengan memberikan pendidikan berbagai ilmupengetahuan yang ada pada saat ini sejak dari dini. Pembekalan pendidikananak sejak usia dini, yang digali dan diturunkan dari konsepsi nilai-nilailuhur Al-Qur'an dan Sunnah Nabawiyah, kemudian dipadukan dengan teoriteoripendidikan mutakhir dan dikelola secara profesional merupakan salahsatu upaya nyata dalam membentengi generasi muda Islam terhadapberbagai pengaruh negatif dari arus perkembangan globalisasi.Masa depan bangsa terletak di atas pundak anak-anak. Oleh karenaitu, diperlukan berbagai upaya dalam membentuk anak-anak dalam halintegritas, karakter dan kepribadian cendekiawan muslim yang memilikikeseimbangan dan keserasian antara individualistik dan sosialistikberdasarkan Al-Qur'an dan As-Sunnah.

Salah satu ilmu yang sangat penting dan harus dimiliki oleh seoranganak sejak usia dini sebagai basic sebelum mempelajari ilmu-ilmu lainnyaadalah membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar. Ilmu tersebutdinamakan ilmu tajwid. Hal ini sangat penting karena hukum mempelajariAl-Quran adalah fardhu ‘ain, yang berarti mendapat prioritas utama sebelummempelajari ilmu-ilmu pengetahuan lainnya.Rasulullah SAW bersabda : “Orang yang membaca Al-Qur’andengan mahir, kelak mendapat tempat di dalam surga bersama-samadengan para Rasul yang mulia. Sedangkan orang yang membaca Al-Qur’antetapi tidak mahir, membacanya tertegun-tegun dan tidak lancar, dia akanmendapat dua pahala”. (Riwayat Bukhori dan Muslim dari St. A’isyah ra.)Agama Islam mengajarkan bahwa membaca Al-Qur'an merupakansalah satu ibadah. Baik dan benarnya bacaan Al-Qur'an merupakan salahsatu syarat kesempurnaan ibadah shalat. Rasulullah SAW bersabda dalamsebuah hadist bahwa orang yang belajar, mempelajari dan mengajarkan Al-Qur'an termasuk membacanya adalah tergolong umat Islam yang baik.Alhamdulillah, dewasa ini ada kecenderungan meningkatnyasemangat umat terutama di kalangan anak-anak, remaja serta orang dewasauntuk belajar membaca dan menulis Al-Qur'an. Demikian pula semakinterjadi peningkatan upaya baik di lingkungan lembaga pendidikan maupundi lingkungan masyarakat.

Berdasarkan pemikiran di atas serta sebagai bentuk pengejawantahanamaliyah dalam bidang pendidikan dan pengajaran, maka penulis membuatsebuah program yang berisi panduan Panduan Belajar Cara Membaca Al-Qur’an (Tajwid) berbasis Macromedia Flash 8 yang sangat cocok untuksemua kalangan, karena panduan belajar ini ditampilkan secara menarik dandilengkapi audio dan video sehingga anak-anak maupun orang dewasa tidakakan merasa bosan dalam memahami dan mengaplikasikan ilmu tajwidtersebut.1.2. Rumusan MasalahBerdasarkan latar belakang di atas, dapat dijelaskan beberapaperumusan masalah antara lain :1. Perancangan atau desain tampilan dan isi program Panduan Belajar CaraMembaca Al-Qur’an (Tajwid) berbasis Macromedia Flash 8 ini sangatpenting karena merupakan tujuan utama pembuatan program ini. Desainharus terlihat menarik dan disukai oleh semua kalangan, sehingga isi dariprogram tersebut akan dapat mudah dipahami dan tidak menimbulkanrasa bosan saat mempelajarinya.2. Program Panduan Belajar Cara Membaca Al-Qur’an (Tajwid) berbasisMacromedia Flash 8 ini penulis buat karena sangat berguna danbermanfaat untuk mengajarkan cara membaca Al-Qur’an khususnyauntuk kalangan anak-anak pada usia belajar sekitar usia 13 – 16 tahun.Saat ini buku pelajaran ilmu tajwid memang sudah banyak beredar,

namun tidaklah berlebihan jika penulis mengatakan bahwa dalamprogram ini terdapat beberapa hal yang tidak ada dalam buku tajwid,atau setidak-tidaknya program ini berperan dalam menambah khazanahpendidikan Agama Islam.1.3. Batasan MasalahPerancangan ini diharapkan dapat mencapai sasaran dan tujuan,maka permasalahan yang ada dibatasi sebagai berikut :1. Program yang akan dibuat berisi Panduan Belajar Cara Membaca Al-Qur’an (Tajwid) yang menggunakan software utama Macromedia Flash8. Software-software pendukung pembuatan program ini meliputiAdobe Photoshop CS2, Cool Edit Pro 2.0, Total Video Converter 3.10,dan Qur’an In Word.2. Isi dari program Panduan Belajar Cara Membaca Al-Qur’an (Tajwid)Berbasis Macromedia Flash 8 ini terdiri atas :a. Pengenalan huruf-huruf hijaiyah, makhroj, dan tanda-tanda bacab. Hukum nun sukun dan tanwinc. Hukum mim sukund. Hukum nun tasydid dan mim tasydide. Idghaamf. Lam Ta’rifg. Tarqiiq dan Tafkhiimh. Huruf Qalqalah
i. Madj. Waqofk. Latihan-latihan soal3. Contoh-contoh yang ada di dalam program diambil dari penggalan ayatayatAl-Qur’an. Program juga dilengkapi audio dan video pembacaanayat-ayat Al-Qur’an dengan tujuan agar makhroj dari setiap huruf yangdibaca dapat didengar dan dilihat sehingga akan lebih jelas.Pembatasan masalah tersebut diharapkan tidak sampai menyimpangdari topik yang terdapat dalam naskah tugas akhir ini. Penambahanwawasan dalam naskah merupakan bentuk pengembangan isi dari programpenduan belajar cara membaca Al-Qur’an (tajwid) berbasis MacromediaFlash, karena penulis mendapat referensi atau bahan tambahan untukmelengkapi isi program tersebut.1.4. TujuanTujuan dari pembuatan program Panduan Belajar Cara Membaca Al-Qur’an (Tajwid) ini antara lain :1. Membuat program yang berisi panduan belajar membaca Al-Qur’an(tajwid) untuk kalangan umum dengan isi yang lengkap, mudahdipahami dan diaplikasikan, serta tampilan program yang menarikmenggunakan software Macromedia Flash 8.
2. Membantu orang tua dan guru mengajarkan belajar membaca Al-Qur’an kepada anak-anak dan murid-murid.3. Mengenalkan anak-anak pada teknologi sejak dini.1.5. ManfaatManfaat perancangan program ini antara lain :1. Anak-anak maupun orang dewasa akan belajar membaca Al-Qur'andengan suatu perasaan senang dan tidak merasa bosan karena isi dalamprogram ini ditampilkan secara menarik dan dilengkapi dengan audio dan video.2. Sangat baik untuk yang baru belajar (pemula), selain mengenal hurufdan tanda baca secara baik juga dapat mempelajari atau mengenalhukum-hukum tajwid.3. Anak akan aktif untuk belajar atau mengetahui huruf dan tanda bacamaupun kalimat-kalimat dalam Al-Qur'an.4. Anak akan terbiasa menggunakan teknologi informasi sejak dini.5. Orang tua akan terbantu dalam mengajarkan anak-anak belajar tajwiddan membaca Al-Qur'an.6. Membantu ustadz atau ustadzah dalam mengajarkan ilmu tajwid kepada para santri atau santriwati melalui media komputer

0 komentar:

Posting Komentar